Weird Genius Bicara soal Lagunya Lebih Dikenal hingga Tudingan Lathi Berbau Mistis

Grup musik EDM Weird Genius, (dari kiri) Gerald Liu, Eka Gustiwana, dan Reza Oktovian. (Dok. Weird Genius)


Lagu " Lathi" awalnya lebih dikenal di TikTok, ketika itu tak banyak yang tahu bahwa lagu itu dinyanyikan oleh orang Indonesia. Sukses dan banyak di cover, lagu "Lathi" belum lama ini dituding memiliki unsur mistis di dalamnya yang langsung ditepis Weird Genius, band yang menyanyikan "Lathi". Bicara tentang fenomena lagu yang lebih dikenal dibanding penyanyinya hingga soal tudingan unsur mistis, pada Deddy Corbuzier, berikut pengakuan Weird Genius.

Bagi band beranggotakan Reza Arap, Eka Gustiwana dan Gerald, justru itu sebuah pencapaian, karena karya mereka diakui tanpa diketahui dari mana asal mereka. "Banyak orang yang enggak tahu siapa Weird Genius, itu yang buat gue, Gerald, Arap, sebagai musisi bikin musik, yang dinilai musik," kata Eka. 

Senang lagunya di-cover orang banyak 
Weird Genius mengaku senang ketika tahu lagunya banyak di cover orang.

Bagi mereka itu justru cara untuk membantu mempopulerkan lagu mereka tanpa harus berpromosi. "Menurut gue, malah sebenarnya orang bikin konten pakai aset orang itu berjasa buat nge-buzz itu (aset)," kata Gerald.

Meskipun demikian, Eka beranggapan bahwa setiap pencipta lagu juga memiliki hak untuk keberatan jika lagu mereka digunakan orang lain.

Namun Weird Genius termasuk musisi yang tidak keberatan jika lagu mereka di-cover, asalkan tidak dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Di sinilah Eka menegaskan pentingnya seorang pencipta lagu atau seniman apa pun itu untuk mengamankan karya mereka. "That's why pekarya, pencipta lagu, tahu cara mengamankan haknya, karena apa pun, senin paling mudah dilipatgandakan," ujar Eka.

Komentar soal tudingan ada unsur mistis 
Dua anggota Weird Genius, Reza Arap dan Gerald Liu hanya bisa menertawakan tudingan adanya unsur mistis dalam lagu mereka. Namun Gerald mengatakan tudingan orang tersebut tidak bisa dia salahkan, karena setiap orang bebas berpendapat. "Buat gue, setiap orang berhak untuk berpendapat tentang seni. Karena enggak ada yang mutlak di seni, interpretasi (orang) beda-beda, itu hak dia," kata Eka.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Weird Genius Bicara soal Lagunya Lebih Dikenal hingga Tudingan Lathi Berbau Mistis".

Weird Genius Bicara soal Lagunya Lebih Dikenal hingga Tudingan Lathi Berbau Mistis Weird Genius Bicara soal Lagunya Lebih Dikenal hingga Tudingan Lathi Berbau Mistis Reviewed by denblangkon on June 09, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.