Youtuber Ferdian Paleka Dikenakan Pasal Berlapis


Youtuber Ferdian Paleka dan beberapa temannya dikenakan pasal berlapis pada kasus video prank pembagian sembako berisi sampah di Bandung, Jawa Barat.

Polisi menerapkan Pasal 45 ayat 3 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Penerapan pasal terkasit dengan konten video yang mengandung penghinaan dan pencemaran nama baik dengan ancaman pidana penjara paling lama 4 tahun dan/atau denda paling banyak Rp750 juta.

Namun saat ini polisi menambah penerapan pasal bagi para pelaku.

Para pelaku juga dikenakan Pasal 36 dan Pasal 51 ayat 2 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008.

Pasal 36 mengatur tentang perbuatan melawan hukum yang mengakibatkan kerugian bagi orang lain.

Sedangkan Pasal 51 ayat 2 menjelaskan ancaman pidana bagi yang melanggar Pasal 36, yakni pidana penjara paling lama 12 tahun dan/atau denda paling banyak Rp12 miliar.

Video prank yang diunggah di akun You Tube Ferdian Paleka memperlihatkan aksi tidak terpuji sekelompok pemuda yang membagikan bingkisan sembako palsu kepada waria di Jalan Ibrahim Adjie, Kiaracondong, Bandung.

Bingkisan sembako tersebut berisi sampah tauge busuk dan batu.

Merasa sakti hati, korban melaporkan kejadian ini ke Mapolrestabes Bandung, Senin (5/5/2020).

Atas dasar laporan tersebut, polisi akhirnya melakukan pencarian terhadap tiga pemuda yang terekam dalam video prank itu.

Satu orang berinisial T telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan, sedangkan dua lainnya, yaitu Ferdian Paleka dan A masih buron dan dalam pencarian.
Youtuber Ferdian Paleka Dikenakan Pasal Berlapis Youtuber Ferdian Paleka Dikenakan Pasal Berlapis Reviewed by denblangkon on May 05, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.