Sri Mulyani Bilang ekonomi RI Bisa Minus, Apa Maksudnya?





Pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I-2020 hanya 2,97 persen.  Dengan pencapaian itu pemerintah mempunyai 2 skenario ekonomi Indonesia hingga akhir 2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan sudah ada 2 skenario pertumbuhan ekonomi tahun ini yaitu 2,3 persen dan skenario terburuknya kontraksi atau -0,5 persen.

Jika yang terjadi skenario terburuk, lalu apa maksud dari ekonomi bisa minus?

Ekonom Center or Reform on Economics (CORE) Yusuf Rendy Manilet menjelaskan roda ekonomi yang terus bergerak membuat ekonomi terus tumbuh.  Jika ekonomi sebuah negara minus artinya kegiatan ekonomi yang menjadi motor pertumbuhan lebih kecil dari tahun sebelumnya.

Dengan output ekonomi yagn berkurang, tentu akan berdampak pada turunnya aktivitas ekonomi.  Sehingga apa yang dikerjakan dalam dunia ekonomi semakin sedikit.

Dengan kegiatan ekonomi yang semakin sempit, maka perusahaan tidak bisa menjalankan usahanya seperti biasanya. Semakin sempit kegiatan bisnis akan memaksa perusahaan melakukan penyesuaian.

Dampak negatifnya perusahaan akan melakukan PHK. Nah ujungnya jika badai PHK datang maka angka kemiskinan kan naik.
Sri Mulyani Bilang ekonomi RI Bisa Minus, Apa Maksudnya? Sri Mulyani Bilang ekonomi RI Bisa Minus, Apa Maksudnya? Reviewed by denblangkon on May 10, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.