Wabah Virus Corona Mulai Reda di Negara Eropa


Secercah harapan pandemi wabah corona di Eropa mulai mereda datang dari negara-negara yang mengalami pukulan terparah, seperti Austria, Prancis, Republik Czech, Italia, Spanyol, dan Jerman.

Kasus virus corona di Eropa yang mulai melambat dalam beberapa hari terakhir memberikan harapan baru bagi warga di Benua Eropa.

Angka-angka tersebut mendorong para pemimpin Eropa untuk mencari strategi keluar dari penguncian atau lockdown nasional.

Austria merupakan negara pertama Eropa yang secara rinci dan optimis membuat rancangan untuk mengakhiri lockdown sehari setelah Minggu Paskah, 14 April 2020.

Selama tiga pekan Austria mengunci diri, seluruh aktivitas bisnis termasuk toko-toko yang tidak vital ditutup, sekolah, wisata hingga gereja juga ditutup.

Italia merupakan negara yang juga menerapkan pembatasan sosial paling ketat sejak 12 Maret 2020, namun ada isyarat bahwa pemerintah setempat mulai mencari cara melonggarkan kebijakan tersebut dalam waktu dekat.

Italia melaporkan angka kematian harian terendah dalam dua pekan terakhir pada Minggu (5/4/2020).

Di Spanyol, sepekan terakhir juga terjadi penurunan jumlah kasus maupun kematian akibat infeksi virus corona.

Laporan CNBC menyebutkan, pada Senin, 6 April 2020,  Spanyol melaporkan 637 kematian baru. Jumlah ini menurun dari hari sebelumnya yaitu 674 kematian.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan lockdown tetap berlangsung hingga 26 April 2020.  Namun, dia menyetujui penghapusan sejumlah larangan seperti semua pekerja yang non-vital tetap bekerja dari rumah setelah Paskah.

Begitu pula dengan Denmark, juga mengumumkan rencananya akan membuka kembali sekolah dasar dari 15 April jika jumlah kematian covid-19 dan kasus baru tetap stabil.

Meski demikian, Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen mengatakan larangan pertemuan berskala besar akan tetap diberlakukan sampai setidaknya bulan Agustus.

Sementara itu, Jerman dan Prancis juga melaporkan penurunan angka kematian harian mereka.

Kanselir Angela Merkel mengatakan pada Jumat (3/4/2020) bahwa data kasus di Jerman selama beberapa hari cukup menggembirakan. Namun, dia menesak publik Jerman untuk tetap menjaga jarak sosial dan menjaga kebersihan.
Wabah Virus Corona Mulai Reda di Negara Eropa Wabah Virus Corona Mulai Reda di Negara Eropa Reviewed by denblangkon on April 07, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.