Seperti Ini Prediksi Gelombang PHK di RI

 

Perekonomian di berbagai negara lumpuh karena virus corona, sampai menimbulkan badai pemutusan hubungan kerja (PHK).  Amerika Serikat (AS) hingga Eropa sudah dilanda PHK , cepat atau lambat, gelombang PHK di Indonesia bakal mulai terjadi.

Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Andry Satrio Nugroho menyampaikan, bila tidak segera ditanggulangi, puncak gelombang PHK di Indonesia bakal mulai terasa akhir kuartal II-2020 mendatang.

Gelombang PHK berbahaya bagi kelompok masyarkat hampir miskin.  Kelompok masyarakat ini terancam jatuh miskin bila tak mendapat pertolongan dari pemerintah.

Apabila gelombang PHK sampai sempat terjadi di Indonesia dan dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin angka kriminalitas akan melonjak di masa-masa tersebut.

Menurut data terkini Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta, di Jakarta sudah ada 162.416 pekerja yang di-PHK sepanjang pandemi corona.  Jumlah tersebut terbagi menjadi dua, sebanyak 30.137 pekerja di-PHK, sedangkan 132.279 pekerja dirumahkan tanpa upah.
Seperti Ini Prediksi Gelombang PHK di RI Seperti Ini Prediksi Gelombang PHK di RI Reviewed by denblangkon on April 07, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.