Pentingnya Berjemur bagi Tubuh di Masa Pandemi Corona


Banyak yang menyarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari di saat merebaknya penyebaran pandemi virus corona covid-19.  Manfaat kesehatan yang diperoleh dengan berjemur di bawah sinar matahari salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh.

Paparan sinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D secara alami.  Vitamin D diketahui penting untuk kesehatan.  Vitamin D yang dihasilkan sinar matahari berperan besar dalam kesehatan tulang.

Dengan adanya Vitamin D, sel-sel kekebalan tubuh akan lebih aktif dalam melawan benda asing yang masuk ke tubuh, termasuk virus corona.

Saat kuman atau virus masuk ke dalam tubuh yang pertama melawan adalah sel sistem imun tubuh.  Dengan adanya Vitamin D, fungsi sel imun akan meningkat, sehingga virus akan ditangkap dan dimatikan.

Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mendapatkan 5 sampai 15 menit sinar matahari pada lengan, tangan, dan wajah dalam kurun waktu 2 sampai 3 kali seminggu sudah cukup untuk memperoleh Vitamin D.


Waktu yang efektif jam 9-10 pagi atau 2-3 sore untuk mendapatkan Vitamin D dari sinar matahari.

Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. DR. Dr. Budi Setiabudiawan, Sp. A(K), M. Kes mengatakan bagi orang yang masih sehat, berjemur bisa menjadi salah satu cara mencegah penularan virus corona.

Namun jika berjemur tidak memungkinkan bagi pasien corona, mereka bisa mengkonsumsi Vitamin D melalui suplemen.

"Tapi selama bisa dengan sinar matahari, lebih bagus sinar matahari karena gratis.  Dan sinar matahari bertahan lama daripada suplemen,"kata Budi.
Pentingnya Berjemur bagi Tubuh di Masa Pandemi Corona Pentingnya Berjemur bagi Tubuh di Masa Pandemi Corona Reviewed by denblangkon on April 09, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.