Ciri-ciri Orang Terinfeksi Virus Corona di Minggu Pertama


Pasien Positif Corona atau covid-19 terus bertambah, update dari pemerintah jumlah pasien positif sampai hari Sabtu, 4 April kemarin meningkat menjadi 2.092 kasus.

Covid-19 merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Gejala yang diakibatkan penyakit ini biasanya berawal dari gejala ringan.  Setelah itu, gejala bisa membaik atau memberat, tergantung pada sistem imun tubuh penderita.

Lantas gejala-gejala seperti apa yang dapat diamati jika seseorang mulai terpapar virus covid-19?

Gejala infeksi virus corona muncul dalam waktu 2-14 hari setelah terpapar virus tersebut.  Tetapi sebagian besar pasien positif merasakan gejala tersebut 11 hingga 12 hari pertama setelah terpapar.

Gejala yang muncul di minggu pertama biasanya ringan.  Berikut gejala covid-19 yang biasanya muncul di minggu pertama :
  • Demam
  • Kelelahan atau lemas
  • Batuk tidak berdahak
  • Pegal-pegal
  • Tidak nafsu makan
Suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius dan mengalami batuk tidak berdahak.  Pada fase ini virus Corona mulai menginfeksi saluran pernapasan.

Karena sama-sama  disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan, gejala awal covid-19 mirip dengan flu biasa, seperti sakit tenggorokan, sakit kepala, hidung tersumbat dan pilek.

Gejala awal yang lain yang khas dan jarang terjadi adalah diare, mual dan rasa tidak nyaman di perut.

Virus corona rentan menginfeksi pada kelompok usia tertentu, yaitu pada orang yang lanjut usia dan memiliki riwayat penyakit kronis seperti HIV, diabetes, tekanan darah tinggi dan sebagainya.

Kementrian Kesehatan Indonesia kemudian mengerucutkan dua kategori orang yang memiliki resiko tinggi terhadap penularan virus Corona.

Yang pertama apabila seseorang pernah melakukan kontak dengan pasien positif virus corona, yaitu berada dalam satu ruang dengan jarak 1 meter.

Kedua seseorang yang pernah berada di daerah episenter virus corona, baik di dalam maupun di luar negeri selama kurun waktu 14 hari terakhir.
Ciri-ciri Orang Terinfeksi Virus Corona di Minggu Pertama Ciri-ciri Orang Terinfeksi Virus Corona di Minggu Pertama Reviewed by denblangkon on April 04, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.