Berapa Lama Pembawa Virus Corona Tanpa Gejala Dapat Menginfeksi Orang Lain?


Penelitian terhadap virus corona penyebab covid-19 masih terus dilakukan.  Perkembangan yang terakhir yang menjadi perhatian dari para ahli adalah banyaknya kasus penularan dari infeksi virus corona tanpa gejala.

Penyebaran virus corona yang lebih kompleks dan gejala yang relatif beragam, dan berbeda antara satu orang dengan yang lain.  Bagi banyak orang, virus ini menjadi amat mematikan,  tetapi, bagi sekelompok individu lain, virus tersebut menginfeksi, tetapi memunculkan gejala yang terlihat.

Dilansir dari Huffpost, dokter penyakit menular di Penn Medicine dan Direktur Medis Penn Global Medicine, Stephen Gluckman mengatakan "Ada beberapa orang yang benar-benar terinfeksi, tetapi mereka tidak sakit.

Gejala infeksi virus corona antara lain sesak napas, demam dan batuk/pilek.  Ada pula yang merasakan kehilangan indera perasa dan penciuman.

Gluckman mengatakan "Orang harus waspada untuk menghindari kontak dekat dengan orang lain dan tidak berasumsi bahwa hanya karena tidak merasakan sakit, bukan berarti Anda tidak membawa virus.  Kita harus sangat agresif dengan tindakan isolasi mandiri."

Penderita tanpa gejala atau sering disebut asimptomatik, menjadikan keberadaannya tidak terdeteksi, sementara mereka merupakan pembawa (carrier) virus corona.

Belum jelas juga seberapa besar kontribusi mereka terhadap penyebaran epidemi wabah corona, walapun penelitian pendahuluan menunjukkan mereka mungkin memainkan peran penting.  Hal yang terbaik yang dapat dilakukan adalah mengikuti rekomendasi untuk pencegahan penularan virus corona.

Lalu berapa lama pembawa virus covid-19 tanpa gejala bisa menularkan kepada orang lain?

Robert Redfield, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyampaikan, pembawa virus dapat menularkan secara signifikan sekitar 48 jam sebelum gejala covid-19 muncul.

Penularan pre-simptomatik atau penularan sebelum muncul gejala ini biasanya terjadi pada tahap awal terinfeksi.

Rata-rata gejala akan muncul dalam waktu 5 hari, dan penularan kepada orang lain sudah terjadi sebelum adanya gejala.

Untuk itu, untuk mengurangi resiko penularan, ada baiknya mematuhi langkah-langkah social distancing.

Seseorang dapat juga menyebarkan virus dalam masa inkubasi sebelum mereka menunjukkan gejala.  Pada umunya, hal ini terjadi2-14 hari setelah paparan awal.

Sebuah studi menemukan, masa inkubasi covid-19 rata-rata adalah 5 hari dan 98 persen orang menunjukkan gejala setelah paparan dalam 11,5 hari.

Penelitian jua memperlihatkan, pasien covid-19 terus melepaskan virus selama berhari-hari setelah gejalanya hilang.

Individu yang dicurigai memiliki covid-19 diminta untuk tetap diisolasi setidaknya selama tiga hari setelah mereka pulih, dan seminggu setelah gejala mereka pertama kali muncul.

Sejauh ini, anak-anak merupakan orang yang paling tidak kentara terinfeksi virus corona.  
Berapa Lama Pembawa Virus Corona Tanpa Gejala Dapat Menginfeksi Orang Lain? Berapa Lama Pembawa Virus Corona Tanpa Gejala Dapat Menginfeksi Orang Lain? Reviewed by denblangkon on April 06, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.