Benarkah Ruangan Ber-AC Tingkatkan Risiko Penularan Virus Corona?


Beredar kabar bahwa air conditioner (AC) yang memberikan kesejukan di ruangan dapat meningkatkan perkembangbiakan virus corona.

Kabar tersebut menimbulkan kekawatiran bagi sebagian orang yang berada di transportasi umum hingga perkantoran yang menggunakan AC.

Menanggapi hal tersebutm pakar Epidemilogi Penyakit Infeksi Unversitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Hari Kusnanto Josef mengatakan, sampai saat ini belum ada studi terkait AC dapat meningkatkan risiko penyebaran virus corona.

Lebih lanjut guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan, Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM itu menyampaikan, penelitian tentang pemakaian AC dengan penularan virus corona baru dilakukan pada SARS.

Jadi penggunaan AC di rumah tidak masalah.  Tidak perlu kawatir selama tidak ada keluarga yang positif ataupun melakukan kontak dengan yang terinfeksi Covid-19," tandasnya.

Yang paling penting untuk mengurangi penyebaran covid-19 adalah dengan menjalankan physical distancing dan tinggal di dalam rumah, rajin cuci tangan dengan sabun, memakai masker saat keluar rumah dan pastikan tuangan memiliki sirkulasi udara yang baik.
Benarkah Ruangan Ber-AC Tingkatkan Risiko Penularan Virus Corona? Benarkah Ruangan Ber-AC Tingkatkan Risiko Penularan Virus Corona? Reviewed by denblangkon on April 08, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.