5 Kelemahan Virus Corona yang Harus Kamu Ketahui


Hingga saat ini para ilmuwan masih terus berusaha untuk menemukan vaksin covid-19 untuk meredam angka infeksi korban.  Angka infeksi covid-19 yang semakin tinggi membuat banyak orang semakin kawatir akan keselamatan diri sendiri dan keluarga.

Virus Covid-19 sangat mudah menyebar dari satu orang ke orang yang lain, berbagai macam cara dilakukan untuk memutus rantai penyebaran.  Dari social distancing, karantina wilayah sampai himbauan untuk menjaga kebersihan terus digalakkan.

Bahkan kini pemerintah mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker saat berkegiatan diluar rumah.

Tahukah Anda, jika virus corona mempunyai kelemahan yang dapat disiasati untuk mencegah penularannya.

Berikut 5 kelemahan virus Corona :

Mudah hancur dengan menggunakan sabun dan air mengalir
Virus corona bisa hancur dan mati jika terkena sabun atau pelarut lemak.  Untuk itu kita dianjurkan untuk selalu cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

Perlu diketahui, virus corona intinya tersusun atas tiga bagian, yaitu:
  • DNA atau RNA yang menjadi inti dari virus
  • Protein yang merupakan bahan baku virus untuk memperbanyak diri
  • Lapisan lemak sebagai pelindung luarnya
Ketiga bagian tersebut  tidak terikat secara kuat antara satu dengan lainnya, sehingga saat lapisan lemak hancur karena terkena senyawa sabun, maka virus corona pun akan hancur dan mati.

Himbauan untuk selalu mencuci tangan adalah sebagai langkah yang efektif dan valid untuk mencegah penularan covid-19.

Bisa dikalahkan  oleh antibodi
Berikutnya, kelemahan virus corona adalah mudah dikalahkan oleh antibodi manusia yang sehat.

Pada pasien covid-19 yang memiliki gejala ringan, bisa sembuh dengan sendirinya selama daya tahan tubuhnya baik.

Sistem imun yang baik didapatkan dari cara hidup sehat, seperti rajin mengkonsumsi sayur-sayuran, rajin mengkonsumsi buah-buahan dan rajin berolahraga.  Nutrisi yang ada didalam makanan dapat memberikan banyak manfaat yang baik pada sistem imunitas tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia mengamini bahwa salah satu kelemahan virus corona adalah dalam menghadapi antibodi yang sehat.

Memang hal tersebut masih perlu banyak pembuktian secara ilmiah dan dalam skala yang lebih besar, apakah virus corona benar-benar memiliki kelemahan dengan antibodi yang sehat.

Dapat dibasmi dengan disinfektan
Virus corona yang menyebabkan covid-19 ternyata juga lemah jika berhadapan dengan bahan disinfektan.  Sama halnya dengan virus corona yang menyebabkan SARS dan MERS.

Hasil dari penelitian, virus corona penyebab SARS dan MERS dapat bertahan di permukaan benda, seperti plastik, metal dan kaca dalam beberapa hari.

Virus tersebut dapat dinon-aktifkan dengan bahan disinfektan yakni, hidrogen peroksida 0,5 persen, alkohol dengan kadar 60-70 persen atau sodium hipoklorit dengan kadar 0,1 persen dalam waktu 1 menit.

Disarankan untuk rajin membersihkan permukaan benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, meja kerja atau telepon genggam dengan menggunakan bahan disinfektan.

Mudah lemah disuhu yang panas
Kelemahan selanjutnya adalah virus corona mudah melemah pada suhu panas.  Memang belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa virus covid-19 lemah terhadap panas.

Berdasarkan data yang di keluarkan oleh WHO bahwa virus penyebab SARS dapat terbunuh pada suhu 56 derajat celcius.

Tidak dapat bertahan lama dipermukaan
Virus corona memang bisa bertahan beberapa hari dipermukaan benda, namun seiring berjalannya waktu, virus ini tidak lagi cukup kuat untuk bisa menimbulkan virus.

Sehingga WHO dan Kementrian Kesehatan RI tidak melarang pengiriman paket antar negara, karena resiko penularan melalui media pengiriman paket sangatlah rendah.
5 Kelemahan Virus Corona yang Harus Kamu Ketahui 5 Kelemahan Virus Corona yang Harus Kamu Ketahui Reviewed by denblangkon on April 06, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.