Tips Merawat Power Steering Supaya Awet

Tips Merawat Power Steering - Power streering adalah salah satu mekanisme tambahan pada system kemudi mobil, dan fungsinya untuk meningkatkan kenyamanan dan memperingan kerja pengemudi untuk mengendalikan kendaraannya.

Power steering di desain dan dirancang agar tahan lama dan dapat digunakan dalam waktu jangka panjang karena merupakan bagian vital pada kendaraan. Karena itu penting bagi kita untuk tau trik dan tips merawat power steering untuk mencegah hal-hal yang dapat merusak dan memperpendek umur power steering karena harga power steering tidaklah murah.
Sebagian besar pengguna mobil masih awam apa itu fungsi power steering dan bagai mana cara perawatan nya. Karena ketidak tahuannya ini banyak pemilik mobil rata-rata datang ke bengkel dengan kondisi power steering sudah dalam keadaan rusak, sehingga memerlukan biaya perbaikan atau service yang tidak sedikit.


Berikut adalah tips dan trik agar power steering mobil agar awet :

Rutin Periksa dan Ganti Oli Power Steering.

Periksa ketinggian oli power steering pada tampungan oli jika kurang dari batas minimal tambah oli, periksa juga warna olinya bila oli berubah warna menjadi keruh lebih baik kuras dan ganti oli, tekanan tinggi pompa hidrolik menyebabkan viskositas oli berkurang dan berubah warna oli karena panas.
Penggantian Oli Power Steering sebaiknya di lakukan setiap jarak 25.000 km. Dengan menguras atau di sebut juga flushing maka kualitas oli akan selalu terjaga sehingga dapat mencegah endapan kotoran/lumpur pada saluran oli power stering. Kualitas oli yang selalu bagus akan meminimalisir keausan komponen sehingga membuatnya tetap awet.

Menggunakan Modifikasi Velg Lebar

Penggantian atau modifikasi velg dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran standart dapat membebani kerja Power Steering itu sendiri, sebaiknya modifikasi velg di imbangi dengan penggantian part Power Steering dengan kapasitas yang lebih besar atau kuat.

Perhatikan dan Periksa Kondisi Kaki-Kaki Mobil.

Setiap bulan periksalah kondisi kaki kaki mobil atau Anda dapat memerintahkan mekanik untuk memeriksanya setiap melakukan service rutin. Periksa bagian yang langsung berhubungan dengan Power Steering terutama pada bagian rak streering, seperti bagian tie rod dan balljoint, tie rod yang sudah kocak atau longgar akan membuat rak steering mudah bengkok, periksa juga karet boot atau pelindung rak, bila sobek segera ganti, karena fungsinya menghalau debu dan pasir menempel pada rak stering, debu dan pasir tersebut dapat menggores seal dan menyebabkan oli bocor.

Periksa Dan Jaga Tekanan Angin Ban

Jagalah selalu ban depan mobil selalu dalam kondisi normal, karena ban dengan kondisi tekanan angin yang kurang dapat membebani kerja Power Steering. Ban yang kemps tentu akan semakin sulit di kendalikan sehingga pompa power steering harus menekan oli lebih tinggi, tekanan oli yang terlalu tinggi dapat merusak seal dan katup-katup pada Power Steering. Hal ini jarang di perhatikan oleh pengguna mobil karena mereka tidak merasakannya langsung pada kemudi atau stir. Rawat ban mobil Anda agar tetap awet dan tahan lama.

Meluruskan Posisi Roda Saat Memarkir Mobil.

Dengan meluruskan atau menetralkan posisi roda membuat kerja power steering lebih ringan, karena saat posisi roda berbelok oli akan menekan katup dan mendorong power steering rak kearah tertentu saja. Misal roda berbelok ke kanan maka oli akan menekan rak steering dan katup sebelah kanan, bila ini di biarkan terlalu lama pada jangka waktu yang lama dapat membuat seal mudah bocor karena tidak mampu menahan tekanan oli.

Demikian tips dan trik untuk merawat agar power steering mobil tetap awet, semoga dapat memberikan Anda tambahan pengetahuan tentang dunia otomotif terutama mobil. Dengan merawat power steering secara rutin Anda dapat meminimalisir kerusakan dan menghemat biaya bengkel. (YS)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar