Resep Sayur Asem Sunda Istimewa ala Pawarta

Resep Sayur Asem Sunda Istimewa - Sayur asem adalah salah satu masakan khas sunda yang mendunia dan selalu ada di setiap resto yang menyajikan masakan trandisional Indonesia. Ciri dari sayur asem adalah penggunaan asam Jawa sebagai salah satu bumbunya dan jagug manis sebagai salah satu sayur isiannya. Sayur asem sendiri masuk kategori masakan sup, artinya masakan ini adalah sup tradisionalnya orang Sunda.

Jika biasanya sayur asem sunda menggunakan kuah santan maka kali ini dapur Pawarta akan melakukan modifikasi terhadap resepnya, kreasinya adalah penggunaan kaldu sebagai bahan kuahnya. Kuah kaldu menjadikan sayur asem khas sunda Anda lebih segar dan gurih, di jamin sayur asem ibu akan menjadi favorit baru keluarga.

Cara membuat sayur asem ini mudah dan sederhana dengan menggunakan bahan isian sayur yang sama dengan sayur asem lainnya seperti jagung manis, daun melinjo, kacang tanah dan labu siam atau di kenal juga sebagai jipang. Jika biasanya sayur asem hanya menjadi sayur pelengkap saja, dengan resep sayur asem sunda ala Pawarta ini masakan ibu akan menjadi menu utamanya. Penasaran dengan resepnya yuk kita siapkan bahan dan simak bagaimana cara membuatnya.

Cara membuat sayur asem

Bahan:
  1. Iga sapi sebanyak 1kg, potong-potong dengan ukuran 2-3 cm 
  2. Air untuk merebus iga sebanyak 2,5 liter
  3. Jagung manis muda sebanyak 3 tongkol, potong menjadi 4/tongkol
  4. Kacang tanah kupas 50 gram
  5. Daun melinjo secukupnya
  6. Lengkuas sepanjang 2 cm, geprek hingga memar 
  7. Daun salam 4 lembar 
  8. Cabai merah 8 buah 
  9. Cabai hijau 6 buah  
  10. Air jeruk nipis sebanyak 1-2 sendok makan 
  11. Garam secukupnya 
  12. Air asem jawa 3-4 sendok sesuai selera
  13. Gula pasir secukupnya 
Bumbu yang dihaluskan halus:
  1. Bawang merah 10 butir 
  2. Bawang putih 4 siung 
  3. Kemiri 6 butir
Cara membuat sayur asem: Rebus iga sapi dengan air pastikan semua iga terendam air rebusan, rebus hingga mendidih kemudian masukkan bumbu yang di haluskan,daun salam, garam dan lengkuas, masak hingga daging iga menjadi lunak, angkat dan tiriskan daging iga. Potong-potong serong cabai merah dan cabai hijau, belah-belah tomat sayur menjadi 4 bagian. Ambil dan saring air kaldu rebusan  iga sebanyak 2 liter jika kurang tambahkan dengan air panas, panaskan di atas api hingga mendidih, setelah mendidih masukkan bahan lainnya seperti jagung, iga sapi, kacang tanah, daun melinjo, tomat, sedikit gula dan air jeruk, kecilkan apinya masak hingga semua bahan matang.
Patikan untuk mencicipi terlebih dahulu sebelum, mengangkat dari api dan di sajikan.

Tips memasak resep ini adalah untuk mendapatkan kaldu yang enak dan gurih, masukkan iga ke dalam air rebusan sebelum di panaskan di atas api kompor, masak hingga mendidih dengan api besar, setelah mendidih kecilkan api masak iga hingga dagingnya lunak dan kaldu dagingnya keluar. Demikian resep dari kami, mudah bukan jangan lupa di praktekkan yah.(YS)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar