3 Jenis Power Steering Mobil

Power steering adalah satu bagian system kemudi mobil yang tugas dan fungsinya mengkonversikan gerakan putar kemudi menjadi gerak kanan dan ke kiri roda depan mobil. Dengan bantuan system hidrolik atau motor elektrik sehingga menjadikannya gerak lingkar kemudi menjadi lebih ringan khususnya dalam sisi sensitifitas handling mobil yang menjadi lebih responsif.

Power steering sekarang merupakan perangkat wajib untuk mobil keluaran terbaru. Ada 3 jenis power steering yang biasa di gunakan kendaraan di Indonesia, dengan mengetahui jenis power steering kita dapat melakukan perawatan yang sesuai dan tepat dengan jenis nya.

Berikut ini Jenis-jenis Power Steering yang sering digunakan, yaitu :

Power Steering Konvensional / Hidrolik
Jenis Power Steering ini banyak digunakan pada mobil keluaran lawas sebelum pembuatan tahun 2000 atau pada kendaraan niaga seperti bus dan angkutan berat seperti truck. Sistem kerja nya masih menggunakan hidrolik yaitu menggunakan fluida kerja oli yang di pompa untuk menekan rak geser kemudi sehingga stir menjadi lebih ringan dan lebih mudah di kendalikan. Di Indonesia Jenis Power steering ini banyak digunakan pada mobil keluarga atau kelas middle end, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Kijang serta Sedan lawas. Untuk perawatan, jenis Power steering ini dengan menjaga kondisi oli dan saluran hidrolik tetap bersih sehingga membuat fungsinya Power Steering tetap normal.

Power Steering Semi Electric / Dynamo Power Steering (DPS)

Jenis Power Stering semi electric banyak digunakan mobil sedan keluaran Eropa jenis keluaran lama. Jenis Steering ini menggunakan gabungan elektrik dan hidrolis, pompa hidrolik mekanis pada jenis Power Stering konvensional di gantikan oleh pompa oli jenis elektrik. Sehingga power mesin tidak terbebani pompa oli konvensianal yang umumnya menempel pada mesin dan digerakkan/diputar pulley dan vanbelt mesin. Contoh mobil yang menggunakan jenis DPS ini adalah Mercedes Benz A-Class, Chevrolet Zafira.

Power Steering Full Electric / Electric Power Steering (EPS) 



Electric power steering atau jenis elektrik merupakan salah satu sistem terbaru dan banyak diaplikasikan pada mobil keluaran terbaru. Pada power steering jenis ini pergerakan kemudi dibantu oleh motor listrik. Electric power steering bekerja dengan cara mengkonversikan gerak putar stir sebagai sensor elektrik kemudian di salurkan menjadi gerak mekanis ke kanan atau ke kiri oleh motor listrik. EPS atau motor listrik ini terletak menempel pada batang kemudi atau rak kemudi. Mobil di Indonesia yang sudah mengaplikasikan jenis Power stering EPS antara lain Toyota Vios, Yaris, Suzuki Karimun Terbaru, Crown dan Suzuki Swift. Untuk perawatan jenis power steering EPS tidak terlalu repot karena semua sudah menggunkan system elektronik, hanya merawat aki sebagai system tenaga dan menghindari genangan air yang tinggi agar motor listrik tidak terendam dan rusak.

Demikian jenis jenis power steering yang lasim digunakan di Indonesia, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda tentang Power Steering. 
Jangan lupa baca juga artikel Pawarta.com tentang Tips Menjaga Power Steering Agar Awet. (YS)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar