Ciri Mesin Mobil Harus Turun Mesin

Turun mesin adalah kata yang menakutkan bagi sebagian pengguna kendaraan bermotor baik sepeda motor ataupu mobil, karena biaya yang di butuhkan memang tidak sedikit. Untuk sepeda motor ongkosnya bisa mencapai ratusan ribu dan untuk mobil biayanya bisa mencapai jutaan, itu semua baru biaya membongkarnya saja belum termasuk sparepart yang harus diganti tergantung banyaknya jumlah part yang rusak dan aus.

Karena itu jangan tertipu oleh ulah mekanik bengkel yang tidak bertanggung jawab, mereka biasanya memvonis kendaraan kita untuk turun mesin tanpa memberi tahukan detail kerusakannya dan apa saja yang harus diganti.

Artikel Pawarta.com kali ini mengajak Anda untuk mengenali ciri- ciri kondisi mobil harus turun mesin, berikut penjelasannya :

Air radiator bocor kedalam mesin (oli bercampur air), ciri nya adalah oli mesin volume oli mesin bertambah dan warna oli berubah menjadi coklat susu, air radiator sering berkurang padahal tidak ada kebocoran selang atau pada radiatornya. Anda bisa mengeceknya dengan menganngkat dipstick lihat bagian ujungnya apakah berwarna coklat, bisa juga melalui lubang pengsian oli pada tutup head mesin, buka dan lihat warna olinya.
Kejadian ini di sebabkan oleh bocornya packing silinder head sehingga air pada water jacket radiator masuk ke dalam saluran pelumasan mesin atau sebaliknya. Bisa juga karena usia mesin yang sudah tua dan termakan korosi menyebabkan dinding water jacket bocor dan air masuk ke dalam mesin.

Untuk kasus kebocoran packing biasanya mesin hanya turun bagian silinder headnya saja atau lebih di kenal dengan istilah turun mesin setengah.
Sedangkan untuk kebocoran dinding water jacket mobil Anda wajib turun mesin karena harus dilakukan proses penambalan pada blok silindernya.


Asap putih mengebul dari knalpot (pada kondisi mesin panas maupun dingin), kondisi ini biasanya terjadi karena kebocoran seal katup/klep atau ring oli piston yang sudah lemah.
Untuk kasus seal klep, mesin hanya di bongkar bagian head nya saja/ turun setengah untuk mengganti sealnya
Sedangkan untuk kasus lemahnya ring piston bisa dilakukan pengecekan kompresi menggunakan alat compression tester, dengan alat ini kita dapat membandingkan tekanan standart mesin dengan tekanan yang terukur sekarang bila tekanan nya jauh di bawah standar pabrik bisa di pastikan ring piston lemah atau dinding silinder tergores. Untuk masalah yang satu ini mesin wajib turun total karena harus melepas satang dan piston dari blok silinder.

Suara mesin kasar, mesin kasar yang di sebabkan karena aus nya metal jalan atau metal duduk, atau penyebab lain seperti stang piston yang bengkok, mobil wajib turun mesin dan bongkar total untuk mengganti part tersebut.

Demikian beberapa ciri penyebab mesin mobil atau pun sepeda motor harus turun mesin, semoga tulisan Pawarta kali ini dapat membantu Anda untuk memutuskan atau menyiapkan dana untuk turun mesin mobil atau sepeda motor Anda. (YS)

1 komentar:

amanerwan cahyono mengatakan...

ka saya mau tanya, klo mobil kena banjir dan banjirnya itu sampai setengah ban mobil, dan airnya itu sampai masuk kedlm mobilnya kira2 bisa turun mesen apa enggak yah ? mobilnya nissa march thanks

Poskan Komentar