Fungsi Lensa Wide

Pada artikel sebelumnya telah di bahas berbagai macam lensa kamera DSLR. Kali ini akan dibahas fungsi salah satu jenis lensa yaitu fungsi Lensa Wide. Lensa ini secara tidak langsung sudah disertakan saat pembelian kamera Digital SLR dengan paket Kit yaitu badan dan lensa kamera. Biasanya lensa yang disertakan memiliki focal length atau ukuran panjang lensa 18-55mm. Untuk pemula paket ini lebih dari cukup untuk belajar menguasai fotografi dasar. Meskipun focal length untuk tele belum didapat setidaknya lensa kit bawaan dengan cakupan wide hingga normal sudah bisa menghasilkan foto dengan baik.

Foto dengan Lensa Wide
Foto dengan Lensa Wide
Seperti telah dijelaskan sebelumnya lensa wide memiliki sudut pandang yang lebar. Sudutnya sekitar 170 derajat ke kanan dan kiri dari posisi kamera.
Ukuran sudut pandang yang sangat lebar ini memberikan banyak keuntungan saat mengambil foto saat ruang gerak terbatas misal di dalam ruangan. Seringkali saat kegiatan di dalam ruangan butuh dokumentasi baik saat agenda berjalan hingga agenda selesai yang diikuti foto peserta kegiatan. Tak jarang peserta yang hadir hadir begitu banyak hingga fotografer harus mengambil jarak cukup jauh dari objek. Adanya lensa wide memungkinkan fotografer tidak perlu mundur terlalu jauh dari objek.

Jadi fungsi lensa wide secara umum dibutuhkan bagi fotografer yang akan memotret grup atau kelompok untuk dokumentasi misalnya dan memotret pemandangan baik itu landscape atau cityscape.(vd)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar